Minggu, 12 Agustus 2012

Manfaat Obat Herbal: Rahasia Dibalik Lidah Buaya


Aloevera atau biasa kita sebut Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman ini sudah digunakan dari dahulu oleh bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM.

Bangsa Mesir kuno sudah sangat mengenal khasit obat herbal tersebut sebagai sekitar tahun 1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat setempat menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang dapat digunakan sebagai pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantara zat-zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, air, vitamin, lemak, enzim, hormon dan zat golongan obat lainnya.

Berikut adalah beberapa kegunaan lidah buaya untuk tubuh manusia:


  • Anti-inflamasi

Lidah buaya dapat membantu mengurangi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Hal tersebut dapat diperoleh dengan cara meminum lidah buaya sebagai pengobatan didalam. Jus lidah buaya juga dikatakan dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Minuman ini dibuat dari gel yang dihasilkan oleh lidah buaya.


  • Penyembuh Luka

Lidah buaya dapat membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk manfaat ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan memotong bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, dan juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga atau
masalah wajah lainnya.


  • Sebagai Antioksidan

Dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mencegah penyakit degeneratif.


  • Kosmetik


Mengingat khasiatnya yang cukup lemgkap, lidah buaya juga banyak dimanfaatkan pada berbagai produk kosmetik, seperti krim, sabun serta lotion. Kandungan lidah lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu menambah kadar oksigen yang berguna untuk kulit, membantu meperkencangkan jaringan kulit
sehingga tidak cepat mengendur, serta membantu mencegah penuaan dini.


  • Penyubur Rambut

Lidah buaya didapatkan untuk menyuburkan rambut dengan memotong daunnya kemudian mengoleskan getah/lendir yang keluar langsung dikulit kepala secara berkala, setelah itu baru dibersihkan dan cuci.


Tanaman lidah buaya mempunyai bentuk fisik yang indah, tak heran banyak orang menanamnya sebagau tanaman hias penyemarak taman.


Sekarang lidah buaya semakin dikenal, tidak hanya manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan yang terus diteliti. Gel atau daging dari daunnya ternyata juga lezat untuk dijadikan makanan dan tentunya untuk sehat alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar