Kamis, 30 Agustus 2012

11 Makanan Untuk Menyehatkan Tubuh


Banyak makanan yang sudah ada di dunia ini, berbagai makanan yang disajikan memanglah banyak yang menggugah selera anda jika melihatnya. Tapi tahukah anda bila makanan yang anda makan bisa menyehatkan tubuh, berikut ini saya rangkum sedikit informasi yang saya tahu tentang beberapa makanan yang dapat menyehatkan tubuh:




1. Telur

Siapa yang tidak kenal telur, makanan yang memiliki protein cukup banyak dan terbilang murah. Kuning telur yang terdapat pada telur dipercaya untuk membantu daya ingat otak.

2. Gandum Murni

Glukosa sangat diperlukan otak dan makanan yang satu ini dapat memenuhi kebutuhan itu. Selain itu serat yang ada pada gandum murni ini diketahui dapat mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Tunggu dulu, bukan hanya itu Gandum murni juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

3. Ikan Salmon

Mendengar katanya saja sudah ada hasrat untuk memakannya, ikan yang memiliki kandungan asam lemak terbaik omega-3nya diantara ikan-ikan yang lainnya. Hasil riset menunjukan jika orang mendapatkan kebutuhan asam lemak lebih banyak akan mempunyai pemikiran lebih tajam. Sayangnya ikan ini terbilang cukup mewah dan anda harus mengeluarkan cukup dana untuk memakannya.

4. Macam Berry

Strawberry, blackberry (bukan handphone) dan berbagai macam berry lainnya (bukan biri-biri ya). Berry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi terutama vitamin C yang berguna untuk mencegah kanker.

5. Kacang-kacangan

Kacang bisa dimakan sebagai teman nasi, bisa dimakan secara langsung dan bisa juga dipakai sebagai bumbu untuk membuat makanan yang membutuhkan kacang. Makanan yang mempunyai kandungan protein dan kaya akan serat serta vitamin dan mineral ini dipercaya dapat mempertahankan kemampuan berpikir anak terutama pada sore hari.

6. Susu dan Yoghurt

Kalau mendengar tentang ini sih sudah pasti yang ada di pikiran anda adalah kelezatan dan manisnya. Dibalik itu semua tersimpan vitamin B serta proteinnya yang tinggi. Dua nutrisi ini akan membantu untuk pertumbuhan jaringan otak serta enzim.

7. Daging sapi Tanpa Lemak

Daging sapi, tidak hanya menggoda lidah anda tetapi juga menggoda tubuh anda yang tidak sabar untuk segera merasakan kandungan yang tersimpan dalam daging sapi tersebut. Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak minimal 1 ons setiap hari, penyerapan zat besi akan dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

8. Spirulina

Mungkin belum banyak yang tahu tentang tumbuhan ganggang berwarna hijau kebiruan ini. Karena memang jarang yang merasakan khasiatnya. Ya kandungan berbagai nutrisi yang dimiliki spirulina menjadikannya memiliki banyak manfaat, salah satu khasiat spirulina adalah untuk mencegah berbagai macam kanker terutama kanker serviks (tapi kalo kankernya, kanker ekonomi ga bisa disembuhin).

9. Sayuran

Kalo yang ini sih semua orang juga sudah tahu, sejak dari kanak-kanak para orang tua sudah menyarankan kepada anaknya untuk mengkonsumsi sayur-sayuran demi menjaga kesehatan.

10. Oatmeal

Nah, makanan yang satu ini sudah sangat populer di kalangan anak-anak khususnya untuk sarapan (saya juga pernah makan ini tiap pagi). Makanan yang kaya akan nutrisi itu penting untuk otak karena makanan ini menyediakan cukup energi untuk otak di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

11. Selai Kacang

Makanan yang satu ini selain manfaatnya sebagai pelengkap makanan terutama teman untuk roti, selai kacang juga memiliki peranan penting dalam melindungi membran-membran sel saraf.


Dengan menjaga pola makan sehari-hari serta memberi asupan makanan yang terpenuhi pastinya tubuh ini akan sehat hingga hari tua nanti.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar