Minggu, 26 Agustus 2012

Kelebihan dan Kekurangan Vitamin C


Vitamin C merupakan vitamin yang mempunyai kegunaan cukup banyak sehingga tak sedikit orang yang menyebutkan bahwa vitamin C ini dengan sebutan rajanya vitamin.

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat baik untuk membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh serta memenuhi asupan multi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin C bisa terdapat pada buah-buahan asam, kentang, jeruk, tomat, dll. Vitamin c dibutuhkan untuk pembentukan jaringan ikat serta membantu penyerapan zat besi dan membantu untuk menyembuhkan luka bakar.

Kelebihan Vitamin C

Vitamin C dosis tinggi (500-10.000 miligram) sudah disarankan untuk mencegah common cold, kanker, skizofrenia dll. Namun kelebihan dosis 1000 miligram perhari dapat menimbulkan:


  1. Perubahan siklus menstruasi
  2. Diare
  3. Batu ginjal.


Orang yang menghentikan asupan vitamin ini dengan dosis tinggi secara tiba-tiba bisa kembali mengalami scurvy.


Kekurangan Vitamin C

Kebutuhan dari vitramin C meningkat dengan berarti dan merupakan resiko terjadinya kekurangan pada berbagai kondisi berikut:


  1. Kehamilan
  2. Menyusui
  3. Pembedahan
  4. Luka bakar
  5. Tirotiksikosis
  6. Berbagai jenis peradangan


Bayi yang berusia 6-12 bulan, kekurangan vitamin C dalam susu formula atau makanan padat yang dikonsumsinya bisa menyebabkan scurvy, gejala awalnya seperti rewel, kehilangan nafsu makan, nyeri ketika bergerak serta tidak mengalami penambahan berat badan.

Pada orang dewasa, scurvy dapat terjadi jika melakukan diet yang hanya daging dan tapung yang terkandung semuanya merupakan makanan khas dimakan oleh orang tua yang tidak memiliki mood untuk makan.

Sesudah beberapa bulam memakan makanan tersebut bisa menimbulkan perdarahan dibawah kulit, apalagi disekitar akar rambut, dibawah kuku jari tangan.

Vitamin memang sangat diperlukan tubuh ini untuk selalu bisa beraktivitas dan berolahraga, seperti olahraga sepakbola, basket, bulu tangkis dan lain sebagainya secara maksimal.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar